Tutorial Cara Flash Vivo Y15 Tanpa PC

8.541

Ponselgue.comPada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial mengenai cara flash Vivo Y15 tanpa PC. Flashing biasanya di lakukan untuk mengupdate/downgrade ROM atau untuk memperbaiki ROM yang bermasalah. Tetapi sebelumnya akan saya jelaskan dulu alasan kenapa ponsel ini di flash.

Bagi yang masih belum terbiasa dengan aktifitas flashing, cara ini tergolong sangat aman dan praktis (karena tanpa perlu menggunakan PC). Flashing Vivo Y15 tanpa PC ini bisa dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah software yang sering dialami oleh banyak pengguna, diantaranya seperti lupa pola/PIN, ponsel terkena virus, sering error, app system force close, lemot, sering tiba-tiba restart sendiri, atau ponsel gagal booting (bootloop).

cara flash vivo y15 tanpa PC

Sebelum di lakukan flashing, metode perbaikan awal yang bisa Anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan Hard Reset (baca caranya disini : Cara Factory Reset/ Hard Reset VIVO Y15). Jika setelah di reset perangkat masih tetap bermasalah, baru lakukan flashing.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui caranya, simak selengkapnya tutorial cara flash Vivo Y15 tanpa PC berikut ini.

Penting : Flash ulang smartphone merupakan hal yang serius, karena akan memformat seluruh isi penyimpanan internal. Pastikan untuk melakukan backup data-data penting Anda yang tersimpan di dalam perangkat.

Baca juga :

Cara Flash Vivo Y15 tanpa PC

Sebelum melakukan flash melalui SD Card, pastikan dalam kondisi full charging atau telah terisi cukup (>50% lebih baik), untuk menghindari terjadinya kegagalan proses instalasi yang diakibatkan perangkat kehabisan daya. Hal ini cukup penting, karena dapat meminimalisir terjadinya sesuatu yang tidak kita inginkan.

Nah, berikut ini adalah tahapan-tahapan proses flash Vivo Y15 tanpa PC :

  1. Pertama, download terlebih dahulu firmware / ROM Vivo Y15 (Download Disini);
  2. Selanjutnya pindahkan firmware yang sudah di download ke Micro SD (letakkan diluar folder);
  3. Matikan perangkat kemudian lepaskan baterai, SIM Card, dan Micro SD. Diamkan beberapa saat kemudian pasang semuanya kembali;
  4. Langkah berikutnya adalah masuk ke Vivo Recovery, caranya dengan menekan tombol Volume UP + Power secara bersamaan, tahan sampai perangkat bergetar dan lepaskan jika sudah muncul logo Vivo di layar.
  5. Untuk navigasi pakailah tombol Volume Up atau Volume Down, dan konfirmasi dengan tombol Power.
  6. Silahkan lakukan wipe data and cache terlebih dahulu;
  7. Selanjutnya untuk menginstall ROM Vivo Y15, pilih menu Apply update from external sdcard;
  8. Kemudian pilh file firmware / ROM yang berada di SD Card, lakukan konfirmasi pilih YES untuk memulai proses flashing. Tunggu hingga proses selesai.
  9. Jika proses sudah berhasil, pilih Reboot to system untuk me-restart perangkat.
  10. Selesai!

Untuk memudahkan Anda dalam melakukan flashing Vivo Y15, silahkan lihat video berikut :

(video credit : suka berbagih)

Nah, demikianlah tutorial singkat mengenai cara flash Vivo Y15 tanpa PC yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi permasalahan software pada Vivo Y15 Anda. Jika Anda mempunyai kesulitan pada saat proses flashing, silahkan tulis pertanyaan pada kolom komentar di bawah ini.

Selamat mencoba, semoga sukses 🙂

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More