Cara Flashing Redmi 5A (Riva) Bootloop Via Fasboot

12.433

cara flash xiaomi redmi 5a rivaPonselgue.com | Cara Flash Xiaomi Redmi 5A (Riva) Via Fasboot – Flashing merupakan salah satu metode yang seringkali digunakan memperbaiki smartphone yang mengalami masalah software. Salah satu kerusakan pada software yang sering adalah bootloop.

Pada artikel kali ini saya akan membagikan tutorial mengenai cara flash Xiaomi Redmi 5A aka Riva via fastboot. Namun untuk bisa flashing via fastboot, perangkat harus di unlock bootloadernya terlebih dahulu.

Untuk mengecek Redmi 5A Anda sudah unlock bootloader atau belum, baca caranya disini. Jika ternyata belum UBL, baca panduan cara unlock Bootloader Xiaomi Redmi 5A Riva.

Redmi 5A

Lalu, bagaimana cara mengecek sudah UBL atau belum jika perangkat sudah dalam kondisi bootloop atau mati?

Jika masih dalam kondisi bootloader yang terkunci, bisa dipastikan nanti proses flashing akan gagal. Untuk itu kita harus mengeceknya terlebih dahulu untuk nantinya bisa menentukan metode flashing yang tepat.

Jika perangkat dalam kondisi bootloop, buka jendela CMD dengan cara tekan SHIFT+klik kanan pilih open command window here pada folder ADB. Pastikan driver sudah terinstall di komputer Anda.

Kemudian matikan perangkat, lalu masuk ke mode Fastboot terlebih dahulu dengan menekan tombol power dan volume bawah. Selanjutnya sambungkan perangkat ke PC Anda menggunakan kabel USB.

Setelah tersambung, ketikan perintah di bawah ini untuk memastikan perangkat sudah terbaca oleh komputer atau tidak.

fastboot devices

Jika perangkat sudah terbaca, ketikkan perintah berikut untuk melihat info perangkat

fastboot oem device-info

fastboot devices

Perhatikan gambar diatas, disana akan tampak informasi apakah perangkat tersebut bootloadernya terkunci atau tidak.

Nah, jika sudah mengetahui status bootloader perangkat, kini selanjutnya saya akan menjelaskan langkah-langkah flashing Redmi 5A.

Jika dalam perangkat dalam kondisi bootloader terkunci, Anda bisa membaca artikel cara flash Xiaomi Redmi 5A Riva tanpa UBL.

Sedangkan jika sudah unlock bootloader, silahkan lanjutkan artikel berikut ini.

Baca juga :

Cara Flash Xiaomi Redmi 5A aka Riva

Flashing sendiri juga merupakan cara untuk berganti ROM, misalnya dari ROM China ke Global, atau pindah dari ROM Stable ke developer, maupun sebaliknya.

Pastikan kondisi baterai dalam posisi full charging atau minimal terisi >50%. Hal ini untuk berjaga-jaga agar pada saat flashing perangkat tidak kehabisan daya dan bisa mengakibatkan terjadinya sesuatu hal yang tidak di inginkan.

Cara Flash Xiaomi Redmi 5A

Persiapan

Persiapkan dan download terlebih dahulu tools dan ROM dibutuhkan di bawah ini :

  • PC/ Laptop dengan OS Windows.
  • Kabel Data / Kabel USB (Bisa menggunakan kabel original / bawaan).
  • FastBoot ROM Xiaomi Redmi 5A MIUI 9. Download disini. Ektrak file .tgz/tar kemudian letakkan hasil ektrak di Drive C.
  • Driver : Dowload Xiaomi USB Driver kemudian install pada PC Anda.
  • MiFlash 2017. Download disini, ektrak kemudian install. Jika pada saat instalasi muncul peringatan Windows Security,” Windows can’t verify —-“ , lanjutkan dengan memilih “Install this driver software anyway”.install Driver

Setelah semuanya siap, Anda bisa melanjutkan ke tahapan flashing di bawah ini.

Perlu diperhatikan sekali lagi, cara ini hanya untuk Redmi 5A yang sudah Unlock bootloader.

Tahapan Flash Xiaomi Redmi 5A (Riva)

  1. Pertama, matikan perangkat kemudian masuk ke fastboot mode. Caranya, tekan tombol Volume Bawah+Power secara bersamaan hingga muncul logo fastboot.fastboot mode
  2. Selanjutnya jalankan aplikasi MiFlash Tool.
  3. Setealah itu sambungkan perangkat ke PC/Laptop menggunakan kabel USB.
  4. Klik refresh pada MiFlash. Jika perangkat sudah terdeteksi, akan muncul kombinasi huruf dan angka pada device.
  5. Langkah berikutnya, klik Select dan pilih folder tempat Anda menyimpan ROM yang sudah di ekstrak tadi, lalu klik OK.
  6. Pilih opsi Clean All pada bagian bawah Mi Flash untuk menghindari jika terdapat bugs. Kemudian, klik Flash untuk memulai proses flashing.Flash Xiaomi
  7. Jika sudah muncul status : “Flash Done” atau “Success“, hal itu berarti proses flashing sudah selesai dan berhasil di jalankan.
  8. Lepaskan perangkat dari kabel USB lalu coba nyalakan perangkat.
  9. Selesai!

Jika anda ingin membuka akses root pada Xiaoimi Redmi 5A, baca caranya pada artikel berikut ini Cara Instal TWRP Recovery Dan Root Xiaomi Redmi 5A (Riva).

Nah, demikianlah cara flash Xiaomi Redmi 5A bootloop yang dapat saya bagikan. Perlu Anda ingat, Ponselgue tidak bertanggung jawab jika terjadi sesuatu pada perangkat Anda setelah mengikuti tutorial diatas.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More