Ulasan lengkap seputar dunia Smartphone

Cara mengatasi Asus Zenfone Bootloop

Ponselgue.com sebelumnya saya sudah menulis panduan mengenai cara Flash Asus Zenfone 5. Pada artikel kali ini, saya akan membahas cara mengatasi Asus Zenfone Bootloop karena Gagal update. Untuk itu, mari simak terus selengkapnya di bawah ini.

Biasanya, beberapa vendor smartphone Android menyediakan update system terbaru untuk perangkatnya, tak terkecuali Asus. Namun sayangnya, ada kalanya proses upgrade sistem Android tidak berjalan sesuai yang di harapkan, dan malah menyebabkan perangkat mengalami kerusakan system. Yang sering terjadi adalah Asus Zenfone mengalami gagal booting dan hanya stuck di logo vendor (bootloop). Jika hal ini terjadi, jelas sekali akan membuat kita pusing tujuh keliling..

Bootloop ini bisa terjadi karena proses update firmware mengalami masalah, entah itu karena pada saat proses ugrade perangkat kehabisan daya baterai, atau karena sistem sudah di modifikasi sehingga menyebabkan crash. Hal ini dapat menyebabkan Asus Zenfone hanya akan stuck di logo Asus, dan kemungkinan terparah adalah perangkat mengalami hardbrick.

Cara mengatasi Asus Zenfone BootloopLalu, apakah solusi yang di tawarkan Ponselgue.com untuk mengatasi Asus Zenfone bootloop ini?

Alangkah lebih baik jika Anda mencoba untuk melakukan perbaikan manual sebelum membawanya ke Service Center. Nah, salah satu metode yang dapat dilakukan adalah dengan mengembalikan sistem awal Asus Zenfone Anda dengan melakukan flashing.

Lalu, bagaimanakah cara flashing Asus Zenfone Bootloop dan Hardbrick ini? Baca langkah-langkahnya berikut ini.

Baca juga : Cara Facotry/ Hard Reset Asus Semua Tipe

NOTE!! : Pastikan baterai dalam posisi full charging atau minimal 50%.

Cara Mengatasi Asus Zenfone Bootloop

Jika terjadi kasus seperti ini, kita bisa memanfaatkan flashing melalui Asus recovery mode. silahkan baca dan ikuti tahapan-tahapannya di bawah ini :

  1. Pertama-tama, masuk ke halaman Firmware Asus.
  2. Kemudian pilih perangkat yang sesuai dengan tipe ponsel Asus Anda, lalu download firmware Asus tersebut.
  3. Setelah selesai di download, silahkan pindahkan file firmware tersebut ke SD Card. Taruh di luar folder untuk memudahkan pencarian (file firmware ini berekstensi *.zip).
  4. Sekarang, matikan perangkat Asus lalu diamkan selama beberapa saat.
  5. Selanjutnya, masuk ke Asus Recovery. Caranya, tekan dan tahan tombol Power + volume bawah (-), kemudian lepaskan tombol jika sudah muncul logo Asus dan masuk ke Recovery mode.
  6. Untuk navigasi, gunakan tombol volume Atas/Bawah untuk naik turun menu, dan tombol power untuk konfirmasi.
  7. Selanjutnya, pilih menu Apply update from external storage.
  8. Silahkan pilih file firmware yang sudah di download tadi, kemudian pilih “OK” dengan menekan tombol power.
  9. Tunggu proses pemasangan paket firmware berjalan beberapa saat.
  10. Jika proses sudah selesai dan berhasil dijalankan, silahkan Reboot.
  11. Isi startup standart untuk mengatur Akun Google, bahasa, wilayah dll hingga masuk ke Home Screen.
  12. Selesai!!

Baca juga :

Nah, begitulah cara mengatasi Asus Zenfone Bootloop karena gagal update. Jika Anda mempunyai kendala maupun kesulitan, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang kami sediakan di bawah ini.

Anda juga bisa berbagi tips dan trik mengenai dunia smartphone terbaru di Forum Ponselgue.com. Disana Anda dapat bertemu dengan komunitas dan juga para pembaca Ponselgue.com lainnya.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat!!

NOTE!! : Segala kerusakan yang terjadi pada perangkat Asus Zenfone Anda setelah melakukan panduan ini di luar tanggung jawab Ponselgue.com. Do It With Your Own Risk.

.......

Comments
Loading...