Cara Upgrade, Downgrade, dan Flash ROM Oppo F9

Ponselgue.com | Cara Upgrade, Downgrade, dan Flash ROM Oppo F9 – OPPO F9 merupakan andalan terbaru dari Oppo di lini seri F. Smartphone yang diciptakan untuk “Redefine the F Series” ini mengusung teknologi pengisian daya tercepat dan teraman saat ini, yaitu: VOOC Flash Charge.

Teknologi VOOC Flash Charge pada OPPO F9 sendiri diklaim mampu mengisi daya hingga bisa digunakan untuk menelepon selama 2 jam hanya dengan pengisian selama 5 menit dari posisi baterai 0%.

Di segi kamera, OPPO F9 dibekali dengan kamera depan beresolusi 25MP serta kamera belakang ganda beresolusi 16MP + 2MP untuk memaksimalkan efek bokeh yang juga didukung AI-Enhanced Beauty.

Yang cukup menarik dari desain OPPO F9 adalah Waterdrop Screen, yang menghadirkan notch atau poni berbentuk seperti tetesan air pertama di dunia untuk menghasilkan layar luas dengan screen-to-body ratio terbesar di kelasnya saat ini, yang mencapai 90.8%.

flash ROM Oppo F9

Nah, seiring dengan penggunaan, semua perangkat elektronik tentu ada kemungkinan mengalami kerusakan, termasuk Oppo F9. Entah itu karena kerusakan produksi atau rusak karena pemakaian, atau dalam kategori kerusakan hardware atau software.

Untuk kerusakan hardware tentu harus melakukan pergantian sparepart ke service center. Sementara utnuk software seperti sistem error, atau bootloop, pengguna bisa melakukan beberapa metode perbaikan awal terlebih dahulu, salah satunya adalah flashing.

Nah, pada artikel kali, saya akan membagikan tutorial cara update, downgrade, atau flash ROM Oppo F9. Simak selengkapnya berikut ini.

NOTE : Untuk perangkat Oppo F9 Lupa Pola/Pin, baca cara mengatasinya disini “Cara Flashing Oppo F9 Lupa Pola/PIN“.

Baca juga :

Cara Update, Downgrade, dan Flash ROM Oppo F9 Tanpa PC

Proses flashing biasanya dilakukan saat ingin meng-upgrade / downgrade ROM pada smartphone Oppo. Namun yang penting untuk diingat, jika masih memungkinkan silahkan backup data penting yang Anda simpan di dalam perangkat terlebih dahulu.

Pastikan baterai dalam kondisi full charging atau minimal telah terisi lebih dari 50%. Kemudian, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

  1. Download Firmware Oppo F9 (download disini).
  2. Setelah firmware sudah selesai di download, pindahkan file tersebut ke SD Card (taruh di luar folder agar mudah dicari).
  3. Matikan perangkat Oppo F9 Anda kemudian masuk ke recovery mode (ColorOS Recovery). Caranya, tekan dan tahan tombol Volume Down + Tombol power secara bersamaan hingga muncul logo OPPO dilayar, kemudian lepaskan tombol jika sudah masuk ke ColorOS Recovery.
  4. Pilih bahasa recovery yang diinginkan, silahkan pilih English.
  5. Pilih menu Install from Storage Device.
  6. Lanjutkan dengan memilih From SD, kemudian pilih file firmware yang sudah di pindahkan ke SD Card tadi. Selanjutnya, tekan konfirmasi YES untuk melakukan flashing atau upgrade. Tunggu hingga proses hingga berjalan.
  7. Jika proses flashing sudah selesai di jalankan, pilih Reboot.
  8. Selesai!

Demikianlah cara update.downgrade, dan flash Oppo ROM F9 tanpa PC. yang dapat saya bagikan. Jika Anda mendapati kesulitan atau kendala, Anda bisa menghubungi kami kami melalui halaman Contact.

Baca artikel menarik lainnya :

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More