Cara Unlock Bootloader Redmi Note 7

Ponselgue – Redmi Note 7 cukup spesial karena menjadi produk pertama Redmi yang kini menjadi sub-brand Xiaomi. Nah jika Anda sedang mencari cara unlock bootloader Redmi Note 7, berikut akan saya jelaskan prosedur UBL resmi dari Xiaomi.

Namun sebelum jauh melangkah, sebaiknya kita bahas terlebih dahulu apa itu Bootloader dan kenapa kita harus unlock bootloader, serta apa saja manfaat dari bootloader yang sudah dibuka.

Cara Unlock Bootloader Redmi Note 7 Lavender

Apa itu Bootloader?

Bootloader merupakan paket yang bertugas sebagai petunjuk booting kernel sistem operasi. Nantinya paket ini akan memprogram perangkat Android saat dinyalakan, apakah akan masuk ke sistem Android, Recovery Mode atau Fastboot Mode.

Sebagai salah satu sistem keamanan, biasanya perangkat yang Bootloader masih dikunci diprogram untuk tidak booting ke sistem Android jika terdapat sebuah partisi tidak dikenal, terutama yang dimasukan secara illegal alias tidak resmi.

Contoh partisi tidak dikenal dan bukan resmi dari vendor adalah TWRP. Custom Recovery yang dikembangkan oleh pihak ketiga ini akan mengganti Stock Recovery (Mi Recovery).

Oleh karena itu, Anda tidak akan bisa menginstal TWRP tanpa membuka kunci bootloader. Padahal bisa dibilang saat ini TWRP merupakan salah satu tool yang cukup penting untuk bisa menginstal Magisk jika ingin melakukan rooting atau install custom rom.

Manfaat Unlock Bootloader

Salah satu keuntungan melakukan unlock bootloader pada perangkat Xiaomi adalah Anda bisa meng-install TWRP. Setelah TWRP terpasang, nantinya Anda bisa membuka akses root, install Xposed Framework, install custom ROM, melakukan tweak dan lain sebagainya.

Jadi dapat dikatakan, Unlock Bootloader menjadi langkah awal yang harus dilakukan jika Anda ingin memaksimalkan kinerja perangkat dan menambah fitur-fitur lainnya.

Nah, berikut cara Unlock Bootloader Redmi Note 7 Lavender. Anda juga bisa menerapkan cara ini pada perangkat Xiaomi lainnya.

Baca : Cara Root Redmi Note 7 (Levender)

Cara Unlock Bootloader Redmi Note 7 Lavender

Sebelumnya, pastikan Anda sudah cek status bootloader perangkat Anda terlebih dahulu. Jika status bootloader masih terkunci, selanjutnya ikuti langkah-langkah Unlock Bootloader di bawah ini.

Sebagai catatan, proses UBL membutuhkan Mi Account. Dan nantinya tool yang akan digunakan adalah Mi Unlock.

Cara UBL Redmi Note 7

  1. Jika Anda belum memiliki Mi Account, lakukan registrasi terlebih dahulu dengan menggunakan nomor HP atau email. Caranya, masuk ke Setting→Mi Account, kemudian pilih Create an account kemudian isi form yang tersedia hingga proses pembuatan Mi Account selesai.
  2. Langkah selanjutnya adalah meminta izin untuk unlock bootloader secara resmi dengan mengunjungi halaman request unlock bootloader Xiaomi, pilih tombol Unlock Now. cara unlock bootloader xiaomi 2
  3. Setelah halaman terbuka, silahkan login menggunakan Mi Account Anda.cara unlock bootloader xiaomi 3
  4. Isi Nama, No HP serta alasan kenapa Anda ingin unlock bootloader. Anda bisa menggunakan alasan darurat seperti perangkat mengalami bootloop atau hardbrick supaya cepat mendapatkan persetujuan dari Xiaomi.
  5. Setelah semua sudah diisi lengkap, centang I Confirm kemudian klik Apply Now. Nantinya Anda akan menerima SMS yang berisi kode verifikasi.
  6. Masukkan kode verifikasi yang Anda terima, lalu klik Next. Permintaan UBL Anda akan di review terlebih dahulu.
  7. Nantinya Anda akan menerima SMS pemberitahuan bahwa perangkat Redmi Note 7 sudah bisa di Unlock, segera login lagi menggunakan Mi Account yang sama ke halaman ini.
  8. Kemudian download Mi Unlock Tools di sini. Jangan lupa untuk mengaktifkan Developer Mode dan USB Debugging di perangkat Xiaomi Anda.cara unlock bootloader xiaomi 9
  9. Sekarang jalankan MiFlashUnlock.exe, kemudian login dengan Mi Account yang sama pada aplikasi Mi Unlock.
  10. Matikan Redmi Note 7, kemudian masuk ke mode fastboot dengan menekan tombol Power+Vol Down secara bersamaan. Selanjutnya, sambungkan perangkat ke komputer menggunakan kabel USB.
  11. Jika perangkat terdeteksi, akan muncul status Phone Connected di aplikasi Mi Unlock Tools. Klik Unlock untuk membuka locked bootloader perangkat Anda.
  12. Jika proses UBL selesai, nantinya akan muncul status Unlock Succesfully. Kemudian klik Reboot Phone.
  13. Selesai!
Baca juga :

Nah, itulah tadi cara Unlock Bootloader Redmi Note 7 Lavender.  Kini Anda sudah bisa instal TWRP, flashing ROM, dan membuka akses root Redmi Note 7.

Semoga bermanfaat.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More