Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 5A Riva

Ponselgue.com | Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 5A Riva – Xiaomi memberikan kejutan untuk para Mi Fans di Indonesia di awal 2018 kemarin. Perusahaan teknologi asal Tiongkok ini secara resmi merilis Xiaomi Redmi 5A untuk pasar low-end di Indonesia dengan harga cukup membuat geleng-geleng kepala.

Xiaomi Redmi 5A mempunyai keunggulan dari sisi spesifikasi melalui penggunaan Qualcomm Snapdragon 425 dan didukung 2GB RAM dan 16GB penyimpanan internal. Smartphone ini juga sudah menggunakan Android 7.1.2 Nougat dengan MIUI 9. Kamera utama 13MP pun cukup bisa di andalkan berkat adanya pembaruan aplikasi. Bisa dibilang, Redmi 5A merupakan smartphone terbaik dikelasnya.Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 5A

Nah, bagi yang suka mengoprek dan memodifikasi tampilan Android, tentunya harus memasang TWRP dan membuka akses root. Namun hal ini tidak bisa langsung dilakukan karena di Redmi 5A ini Anda harus melakukan Unlock Bootloader terlebih dahulu. Setelah berhasil UBL, baru Anda bisa menginstall TWRP dan flashing file root dengan supersu atau magisk melalui TWRP.

Unlock Bootloader saat ini sedikit dipersusah oleh pihak xiaomi. Selain prosesnya yang cukup lama, Anda juga tidak bisa melakukan flashing via Mi Tools dan recovery jika perangkat belum UBL. Dulunya celah ini biasanya digunakan untuk bisa menginstall TWRP tanpa harus UBL. Sebenarnya bukan hanya Xiaomi saja yang lebih ketat dalam urusan ini, namun hampir semua OEM menerapkan kebijakan ini.

Nah, bagi Anda yang ingin Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 5A Riva, silahkan ikuti tutorial lengkapnya di bawah ini.

Baca juga :
NOTE : Perangkat yang sudah di Unlock Bootloader/ UBL, garansi perangkat akan hangus sehingga tidak bisa klaim garansi.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 5A Riva

Sebelumnya, Anda bisa mengecek status bootloader Anda terlebih dahulu. Namun, jika penggunaan smartphone hanya untuk mengakses media sosial dan sebagai sarana komunikasi saja, Anda tidak perlu melakukan Unlock Bootloader.

Berbeda halnya jika Anda suka memodifikasi sistem dan tampilan Android, tentunya Anda wajib melakukan UBL. Setelah perangkat terbuka bootloader-nya, Anda dapat menginstal TWRP, flash custom ROM, melakukan rooting, install Xposed Framework dan lainnya.

Xiaomi sendiri menyediakan tool khusus untuk memudahkan proses UBL. Namun tentunya Anda harus memiliki Mi Account.

Langkah-langkah Unlock Bootloader Redmi 5A

  1. Jika Anda masih belum mempunyai Mi Account, silahkan registrasi melalui web atau pada perangkat Xiaomi Anda menggunakan nomor handphone atau email. Caranya, masuk ke menu Setting-Mi Account, pilih Create an account kemudian isi form yang tersedia hingga proses pembuatan Mi Account selesai.
  2. Selanjutnya, Anda bisa melakukan request UBL dengan mengunjungi laman request unlock bootloader Xiaomi, kemudian pilih Unlock Now. cara unlock bootloader xiaomi 2
  3. Setelah halaman website terbuka, login menggunakan Mi Account yang sudah Anda buat tadi.cara unlock bootloader xiaomi 3
  4. Setelah itu kunjungi halaman http://en.miui.com/unlock/, kemudian klik Unlock Now. Selanjutnya isi Nama, No Handphone dan alasan kenapa Anda ingin unlock bootloader. Gunakan alasan darurat seperti perangkat mengalami bootloop atau hardbrik supaya lebih cepat mendapatkan persetujuan dari Xiaomi.
  5. Setelah semua sudah diisi lengkap, centang I Confirm kemudian klik Apply Now. Nantinya Anda akan menerima SMS yang berisi kode verifikasi.
  6. Selanjutnya masukkan kode verifikasi yang Anda terima, lalu klik Next. Nantinya, permintaan UBL Anda akan di review terlebih dahulu.
  7. Jika Anda sudah menerima SMS pemberitahuan bahwa perangkat Xiaomi Redmi 5A sudah bisa di Unlock, langsung login menggunakan Mi Account yang sama ke laman ini.
  8. Selanjutnya download Mi Unlock Tools.cara unlock bootloader xiaomi 9
  9. Jalankan MiFlashUnlock.exe, kemudian login dengan Mi Account yang sama pada aplikasi Mi Unlock, klik Sign In.
  10. Pada Redmi 5A, aktifkan Developer Option dan USB Debugging, kemudian matikan perangkat.
  11. Selanjutnya masuk ke Fastboot mode dengan menekan tombol Power+Vol Down secara bersamaan. Setelah itu sambungkan perangkat ke komputer menggunakan kabel USB.
  12. Jika muncul status Phone Connected di Mi Unlock Tools, maka perangkat Anda sudah terhubung dan siap di UBL. Klik Unlock untuk membuka locked bootloader perangkat Anda.
  13. Setelah proses Unlock selesai, nantinya akan tampil status Unlock Succesfully. Selanjutnya klik Reboot Phone.
  14. Selesai!
Baca juga :

Nah, demikianlah cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 5A. Selanjutnya Anda bisa memasang custom recovery, flashing ROM, dan melakukan rooting Redmi 5/plus. Baca caranya disini “Cara Instal TWRP Dan Root Xiaomi Redmi 5A“.

Jika Anda mempunyai kritik, saran dan masukan untuk Ponselgue.com agar lebih baik kedepannya, silahkan hubungi kami di halaman Contact Us. Kami akan sangat-sangat berterimakasih untuk itu.

Semoga bermanfaat.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More